December 21, 2018

7 Kultivar Cabai Besar Yang Dikenal di Indonesia


Cabai besar (Capsicum annum L.) banyak diusahakan oleh petani di Indonesia karena mempunyai nilai ekonomi tinggi. Salah satu manfaatnya yaitu sebagai bumbu masak, bahan baku berbagai industri makanan dan obat-obatan, serta pemasarannya dalam bentuk segar dan olahan menambah pentingnya komoditas tersebut untuk diusahakan.

Karena kebutuhan terhadap komoditas cabai dari waktu ke waktu selalu bertambah seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan permintaan berbagai industri pengolahan makanan, sedangkan produksinya masih belum dapat memenuhi kebutuhan, maka perlu diupayakan peningkatan produktivitas tanaman cabai. Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas cabai adalah dengan memakai kultivar yang unggul. Cabai merah memiliki beberapa kultivar yang dibedakan berdasarkan bentuk, ukuran, dan warna buahnya. Kultivar cabai yang dikenal di Indonesia cukup banyak antara lain:

Cabai merah memiliki beberapa kultivar yang dibedakan berdasarkan bentuk, ukuran, dan warna buahnya. Kultivar cabai yang dikenal di Indonesia cukup banyak antara lain:

Gada
Cabai jenis ini diproduksi oleh PT. East West yang mempunyai ukuran buah dengan panjang 17 cm dan diameter 1,5 cm. Cabai kultivar Gada mulai dipanen pada umur 90-95 hari setelah tanam dengan potensi hasil 1-1,5 kg/tanaman dan hasil bisa mencapai 30 ton/ha.

Omega
Kultivar Omega diproduksi oleh PT. Benih Inti Subur Intani dengan ukuran panjang 16 cm dan diameter 1,5 cm. Kultivar Omega mulai dipanen mulai umur 71-77 hari setelah tanam dengan potensi hasil mencapai 33 ton/ha

Hot Beauty
Kultivar Hot Beauty berasal dari Taiwan dan diproduksi oleh PT. Known You Seed. Kultivar ini mempunyai ukuran buah dengan panjang 11,5 - 14,1 cm dan diameter 0,78 - 0,85 cm dengan hasil 1,05 - 1,20 kg/tanaman dan 16 - 18 ton/ha

Hot Chili
Hot Chili diproduksi oleh PT. Seminis. Kultivar Hot Chili memiliki pertumbuhan pohon yang kuat, cabang yang kekar dan berbunga terus menerus. Kualitas buahnya bagus dengan bentuk lurus dan halus, tahan lama, rasa buah pedas dan segar dengan panjang 13 – 14 cm, lebar 1,5 – 1,6 cm, berat 17 – 19 gr, dan hasil pertanaman kurang lebih 1,2 – 1,4 kg. Buah dapat dipanen pada umur 80 hst.

Restu
Kultivar Restu diproduksi oleh PT. Benih Inti Subur Intani. Restu memiliki ukuran panjang 13,6-16,1 cm dan diameter 1,2-1,5 cm. Restu mulai dipanen saat berumur 79-82 HST dengan potensi hasil 18,6 ton/ha

Horizon
Kultivar Horizon diproduksi oleh PT. Benih Inti Subur Intani memiliki keunggulan antara lain buah lebat (90 - > 100 buah per tan), kulit buah halus, dan bentuk lurus, cocok di tanam pada musim kemarau dan penghujan. Horizon memiliki panjang 15,1 cm dan diameter 1,7 cm dan mulai dipanen pada umur 77-80 HST dengan potensi hasil 20 ton/ha.

Jet set
Cabai Jetset diproduksi oleh PT. Benih Inti Subur Intani, cocok ditanam di dataran rendah sampai tinggi. Buahnya besar, berwarna hijau saat muda dan berubah merah saat tua. Panjang buah 14 cm dan diameter buah 1,4 cm.

No comments: