December 21, 2018

Pembibitan Tanaman Anggrek Dalam Botol


Pelaksanaan pembibitan dalam botol dilaksanakan melalui tahapan penebaran biji, sub kultur dan transplant. Penebaran biji dilakukan dalam enkas dengan mengambil dan membuka tutup botol yang disterilakan dengan dibakar sebentar di atas bunsen kemudian mengambil biji yang telah steril dengan piset yang steril dan ditebar ke dalam botol yang telah berisi media. Sebelum botol ditutup, mulut botol diolesi alkohol dan dibakar sebentar di atas bunsen kemudian ambil tutup botol dengan pinset kecil dan lakukan hal yang sama seperti pada mulut botol. Biji yang telah ditebar ini akan tumbuh menjadi protocorm.


Sub kultur dilakukan apabila protocorm sudah tumbuh dan media telah habis. Pelaksanaan sub kultur sama dengan penebaran biji, yaitu setelah botol dibuka, bibit dikeluarkan dengan pinset yang panjang dan diletakkan di cawan petri, kemudian bibit satu per satu diambil dan tanam dalam media tumbuh dengan populasi ± 30-60 bibit/ botol. Setelah itu sterilkan tutup dan mulut botol seperti pada waktu penebaran biji, dan tata pada rak di dalam enkas.

Setelah semua kegiatan sub kultur selesai, keluarkan botol yang berisi bibit dari enkas dan beri label dengan spidol yang berisi tentang jenis dan tanggal pelaksanaan kegiatan kemudian tata pada rak yang telah disediakan dalam laboratorium. Setelah itu, lakukan pembersihan dan sterilisasi pada enkas dan peralatan yang digunakan. Setelah tahapan sub kultur berakhir dan tanaman memiliki organ vegetatif yang lebih sempurna, dapat dipindahkan pada media transplant.

Cara pemindahannya sama seperti pada kegiatan penebaran biji dan subkultur. Perbedaannya, pada tahap transplant tanaman ditanam rapidalam botol dengan jumlah populasi ± 15-30 bibit/ botol. Setelah organ vegetatif yang tumbuh lebih sempurna dan berumur ± 12 bulan maka bibit siap untuk diaklimatisasi hal tersebut cukup sesuai dengan literarur.

No comments: