December 21, 2018

Tanaman Anggrek : Penanaman Dan Pemindahan Dalam Single Pot


Bibit yang cukup besar dapat dipindah dari community pot ke single pot agar pertumbuhan bibit optimal. Bibit dalam community pot semakin besar sehingga membutuhkan asupan cahaya, air dan unsur hara yang cukup banyak sehingga dapat menyebabkan persaingan. Alat dan bahan yang dibutuhkan ialah pot ukuran ± 5-10 cm, media tanam, gantungan kawat, tang, gunting, tali kawat, spidol, kertas, Vitabrum, Growmore dan fungisida Dithane M-45.

Sebelum melakukan penanaman dalam single pot, buat gantungan pot dari kawat sepanjang 2 x 75 cm yang didapatkan panjang kawat 150 cm, potong dengan tang dan bengkokkan pada bagian tengahnya. Setelah itu buat kawat dengan panjang ± 90 cm yang mana 15 cm untuk pengait kepala gantungan. Kepala gantungan dibuat dari kawat yang meiliki diameter lebih besar dari kaki kawat dengan panjang ± 25 cm yang berbentuk seperti kepala gantungan baju. Kedua kaki kawat saling dikaitkan dan diikat dengan sisa kaki kawat yang ± 15 cm.



Setelah gantungan jadi dipasang pada pot. Pot yang telah diberi gantungan dapat diberi media tanam (untuk anggrek Vanda, Renanthera, Rhynconstillis dapat ditanam tanpa media tanam) dan ditanami bibit yang sebelumnya sudah direndam dan dicuci dengan fungisida Dithane M-45 agar tidak terserang jamur dengan posisi tegak pada bagian tengah. Agar dapat berdiri tegak, akar bibit ditata perlahan dan hati-hati agar tidak rusak dan bagian pangkal batang diikat dengan tali kawat agar dapat tumbuh tegak.

Setelah itu beri Vitabrum dan Growmore yang memiliki dosis N tinggi untuk menambah unsur hara bagi tanaman. Beri label pada pot yang berisi jenis dan tanggal kegiatan kemudian letakkan pada tempat sejuk. Seedling yang dihasilkan memiliki presenntase kematian ± 10% yang disebabkan jamur, kondisi tanaman yang kurang sehat sebelum dipindah, kelembaban yang terlalu tinggi dan pupuk yang mengenai akar atau bagian vegetatif tanaman lainnya. Dalam literatur, tanaman pada pot penyemaian cukup tinggi dipindah ke pot ukuran ± 4-6 cm berisi potongan genting atau batu bata sampai 1 cm dibawah tepi pot.

Pemindahan bibit dari single pot ke single pot dilakukan dengan memindahkan bibit berumur ± 6-12 bulan setelah pemindahan dari community pot ke single pot dengan memindah pada pot yang lebih besar dan media tanam baru agar tumbuh optimal. Penanaman anggrek Vanda, Renanthera, Rhynconstillis tanpa media tanam karena memiliki akar nafas yang dapat tumbuh optimal walau tanpa media tanam dan meminimalkan resiko terserang jamur, penyakit serta busuk yang biasa dengan cepat menyerang pada media tanam yang terlalu lembab.

Alat dan bahan yang digunakan sama dengan kegiatan pemindahan dari community pot ke single pot. Pemindahan bibit dilakukan dengan cara mencabut seluruh bagian bibit secara perlahan dan hati-hati agar tidak rusak. Jika terdapat bagian yang rusak dapat menyebabkan bibit terserang jamur dan penyakit. Karena itu bibit harus direndam dengan air fungisida dengan dosis 1 g/l untuk mensterilkannya. Lakukan penanaman seperti pemindahan bibit dari community pot ke single pot.

No comments: